Kamis, 21 Oktober 2010

Intenet Sehat dan Manfaatnya Bagi Kita

Dewasa ini, penggunaan internet sudah sangatlah umum di khalayak ramai. Masyarakat luas  dapat dengan mudah mengakses internet baik melalui handphone,komputer pribadi maupun komputer-komputer  di warung-warung internet yang makin menjamur di seluruh belahan Indonesia.
Dengan tarif internet yang makin murah dan persaingan harga para provider internet, makin banyak pula orang-orang yang menggunakan fasilitas internet. Tetapi, pertambahan jumlah pengguna internet tidaklah didukung dengan pertambahan fasilitas keamanan dan pengawasan yang diberikan kepada para pengguna internet.
Sehingga, hal tersebut menuntut agar para pengguna internet untuk bersadar diri, bahwa mereka harus mampu untuk menjaga privasi dan keamanan diri dendiri. Hal itulah yang menjadi pokok utama dan tujuan dari berinternet sehat. Internet sehat, adalah suatu sikap, yang diwujudkan dengan tindakan-tindakan dari seorang pengguna internet untuk berinternet dengan aman dan tidak pula menganggu privasi pengguna internet lainnya. Dengan berinternet sehat, kita bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti pencurian identitas, dan bocornya hal-hal yang bersifat pribadi bagi kita di internet. Dan harus diingat bahwa, berinternet sehat bukan hanya dengan menjaga diri sendiri tetapi juga dengan menjaga orang lain, menjaga orang lain maksudnya adalah kita tidak boleh mengakses hal-hal pribadi milik seseorang tanpa izin dari orang itu dan menggunakannya untuk perbuatan yang tidak baik.
Dengan berinternet sehat berarti kita telah menyelamatkan diri sendiri dan orang lain tanpa kita sadari. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk berinternet sehat :
  • Jangan pernah memberi identitas asli saat mendaftar ke situs- situs yang tidak meyakinkan dan kepada orang-orang yang anda tidak kenal. Banyak kasus orang yang berpura-pura menjadi anda lalu melakukan tindak kriminal dan mengkambing-hitamkan anda.
  • Jangan sembarangan menulis nomor rekening dan nomor-nomor penting lainnya (PIN, nomor telepon, alamat rumah), karena dapat mengundang para pencuri untuk menguras rekening bank anda, maupun rumah anda.
  • Jangan pernah sekalipun anda membuka situs porno, karena banyak virus yang diselipkan oleh sang pembuat situs, dengan tujuan merusak komputer anda atau untuk mencuri identitas anda.
  • Pasang firewall dan antivirus khusus untuk internet, walaupun membuat internet lebih lambat dan berat, tapi ampuh untuk menghalau virus-virus dari internet.
  • Sering-seringlah mengupdate antivirus anda, karena perkembangan virus komputer sangatlah cepat dan semakin hari semakin canggih dan berbahaya.
  • Pasang filter untuk konten-konten dewasa dan situs-situs yang tidak dapat dipercaya.
  • Jangan pernah mengcopy sebuah tulisan atau artikel dari internet tanpa ijin sang penulis, karena hal itu melanggar undang-undang hak cipta, dan hukumannya berat.
  • Jangan pernah mendownload, dan menyebarluaskan file-file bajakan dari dan ke internet. Hal itu melanggar UU ITE, dan dapat dihukum denda maupun penjara.
  • Bersikaplah sopan kepada setiap orang yang anda temui di internet dan jangan pernah memberi identitas anda sebelum ia membari identitasnya dan anda yakin bahwa identitas itu asli..
  •  Jangan pernah menghack atau membajak identitas orang lain, apalagi menggunakannya untuk tindakan kriminal.
Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan dan hindari untuk kebaikan diri anda sendiri dan juga orang lain. Selain itu, internet sehat juga memberi banyak sekali manfaat bagi anda, antara lain :
  • Bertambahnya teman, karena mereka yakin bahwa anda dapat dipercaya, dan tidak akan mengkhianati mereka.
  • Tidak ada orang yang dapat mencuri identitas anda.
  • Anda tidak akan dijerat hukum, karena anda memang tidak pernah melanggarnya.
  • Dan lain sebagainya.
Bagi para blogger, berinternet sehat sangatlah penting, karena tujuan utama para blogger adalah mensharing pengalaman dan info kepada khalayak luas. Sehingga, blogger dituntut untuk bersikap baik dan jujur, agar dapat dipercaya para pengguna internet lainnya, bila mereka tidak menerapkan internet sehat maka mereka tidak akan dipercaya para pengguna internet, dan blognya tidak akan dikunjungi orang lain.
Kesimpulan yang bisa kita ambil dari sini adalah ‘Dengan berinternet sehat, hidup menjadi lebih aman, nyaman, dan tentram’.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

love kaskus